KEGIATAN TAHAP I DAN II KEBUN ORGANIK DWP SUB UNIT FHIL PERIODE 2019

Sejak dikukuhkan pada bulan Februari 2019, Dharma wanita Persatuan unit Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan terus merancang program kerjanya, salah satu diantaranya adalah Pengelolaan Kebun Organik dengan harapan bisa menghasilkan sayur-sayuran baik untuk di petik ibu-ibu clearning service juga bisa dijual kepada anggota DWP sendiri maupun kepada tenaga pendidik dan kependidikan minimal untuk tambah-tambah Kas DWP unit FHIL walaupun sedikit. Dalam kegiatan tahap I dan II ini, semua anggota DWP unit FHIL aktif secara bersama-sama mulai dari persiapan lahan, semai benih, pembibitan, pindahkan bibit ke lahan dan pemeliharaan seperti penyiraman, penyulaman dan pembersihan gulma.

KEGIATAN TAHAP III PENGELOLAAN KEBUN ORGANIK DHARMA WANITA PERSATUAN SUB UNIT FHIL

Dalam tahap III pengelolaan Kebun Organik Dharma Wanita Persatuan Unit FHIL melaksanakan beberapa kegiatan pemeliharaan, yang meliputi pemindahan bibit dari pesemaian ke beberapa tempat pembibitan dan bedengan untuk menyulam yang tidak tumbuh, membersihkan rumput yang mulai menyaingi tanaman inti dan penyiraman. Kesempatan minggu berikutnya dilakukan penilaian oleh TIM Penilai dari panitia yang dibentuk oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan UHO. Setelah dilakukan penilaian, dilanjutkan pemanenan oleh ibu-ibu keluarga besar FHIL sekaligus melakukan penjualan ke pasar disamping refresing juga diharapkan bisa laku untuk tambahan kas dharma wanita. Sisanya dijual murah kepada ibu-ibu anggota dharma wanita unit FHIL dan ibu-ibu dosen yang selalu mendampingi dan dibagi gratis kepada ibu-ibu clearning service yang selalu membantu pengelolaannya.

TAHAP IV PENGELOLAAN KEBUN ORGANIK DHARMA WANITA PERSATUAN UNIT FHIL, PERSIAPAN PENANAMAN KEMBALI SETELAH PANEN, DENGAN MENAMBAH LUAS KEBUN DAN JUMLAH BEDENGAN

Pada tahap IV Pengelolaan Kebun Organik Dharma Wanita Sub Unit FHIL sangat antusias dengan hasil kegiatan kebun Tahap I – III yang dilaksanakan sampai panen dan hasilnya baik, maka melihat areal kebun masih bisa diperluas maka ibu-ibu sepakat untuk menambah luas sekaligus tambah jumlah bedengan, dimana setelah diusulkan kepada dekan FHIL yang selalu mendampingi kegiatan mereka langsung disetujui dan didukung pekerjaannya dengan melibatkan Securuty dan clearning service laki-laki yang terpaksa harus membuka pagar kebun agar tambah luas dan mempersiapkan beberapa bedengan baru termasuk khusus tempat pembuangan sampah sisa-sisa kebun agar dalam kebun agar mudah dan teratur. Setelah semua bedengan siap dilanjutkan dengan tindakan persiapan dan pemeliharaan yang meliputi pengisian tanah di dalam bedengan baru, penggemburan, pemyiraman dan persiapan persemaian benih.

TAHAP V PENGELOLAAN KEBUN ORGANIK DHARMA WANITA PERSATUAN SUB UNIT FHIL MELIPUTI PENANAMAN, PEMELIHARAAN, PANEN, PENILAIAN DAN PENJUALAN

Alhamndulillah kegiatan pengelolaan kebun organik Dharma wanita sub unit FHIL pada tahap V mengalami peningkatan baik dari segi luas lahan, jumlah bedengan, jenis sayuran dan keterjangkauan hasil panen juga lebih luas karena disamping di konsumsi oleh ibu-ibu tim penilai dari dharma wanita persatuan unit uho yang dipimpin langsung oleh istri rektor uho, juga ibu-ibu tetangga sekitar kebun juga diundang untuk memetik sayur. Ibu-ibu anggota dharma wanita unit FHIL, ibu-ibu dosen fhil dan ibu-ibu clearning turut menghadiri acara penilaian sekaligus panen bersama. Bahkan Dekan FHIL ikut berpartisipasi bersama beberapa tenaga kependidikan yang senantiasa membantu pengelolaan kebun dharma wanita tersebut. Kegiatan ini cukup menghidupkan suasana kampus fhil karena terkadang mahasiswapun ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengelolaan bila diperlukan sehingga terasa bukan hanya milik dharma wanita tetapi kebun organik sudah milik sivitas akademika fhil.

PENGUKUHAN DHARMA WANITA PERSATUAN SUB UNIT FAKULTAS LINGKUP UHO MASA BAKTI 2018 – 2022, KENDARI, 14 FEBRUARI 2019

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit UHO Ny. Viska Inda Variani Zamrun, S.Si., M.Si mengukuhkan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Sub Unit Lingkup UHO yang terdiri atas DWP unit Fakultas ada 14 unit (FKIP, FISIP, FP, FEB, FT, FMIPA, FH, FPIK, FPt, FKM, FHIL, FF, FIB, FITK), dan DWP unit Program ada 2 unit yakni Program Pascasarjana dan Program Pendidikan Vokasi pada hari Kamis 14 Februari, 2019 untuk masa Bakti 2018-2022. Masing-masing DPW sub unit di pimpin oleh istri dari Dekan Fakultas atau Direktur Program, dimana DWP Unit Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) di pimpin oleh istri Dekan FHIL Ny. Nuriati R. Aminuddin, SKM, yang didampingi oleh satu orang wakil ketua yakni Ny. Farlia Safril, S.Pd (Istri WD2 FHIL) Bapak Safril Kasim, SP., MES, dan seorang Sekretaris yakni Ny. Andi Sri Rahyuni Baco, SP (Istri WD3 FHIL) Bapak Dr.Ir. La Baco Sudia, M.Si), serta dibantu oleh beberapa orang ketua bidang dan anggota masing-masing. Dalam Sambutannya, ketua DWP UHO menyampaikan selamat kepada semua Pengurus DWP Unit lingkup UHO yang baru saja dikukuhkan, dan berpesan agar semua kerja secara kolektif, silahkan membuat program kerja yang bisa diwujudkan dengan mengedepankan Silaturrahmi baik sesama anggota maupun dengan masyarakat atau sivitas akademika di lingkungan sekitarnya atau di sub unit kerja suaminya masing-masing. Diakhir sambutannya, ketua DWP UHO mengharapkan, semoga keberadaan Dharma wanita dapat memberi semangat kerja dan berpartisipasi sekecil mungkin di unit kerja suaminya masing-masing bukan justru membuat malas dan mengganggu kinerja mereka.